Sunday, November 27, 2011

Tips Membuat Karya Tulis Akademis Amerika

Karya tulis merupakan salah satu persyaratan yang dibutuhkan oleh mahasiswa ketika mengajukan permohonan beasiswa ke luar negeri. Karya tulis yang baik akan menjadi nilai tambah bagi si pelamar di calon universitas pilihan.

Agar tidak salah langkah, Lembaga pendidikan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) pun menggelar workshop penulisan karya tulis akademis untuk para pelajar dan mahasiswa.

Higher Education Planner yang juga anggota asosiasi pendidikan Nafsa Casey Nolen Jackson mengatakan, setidaknya ada empat langkah yang bisa ditempuh seseorang dalam mengerjakan karya tulis untuk lamaran beasiswa.

1. Membuat dan membangun berbagai pertanyaan


Proses awal dalam pembuatan karya tulis adalah membuat dan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang ingin kamu ketahui jawabannya.

"Berbagai pertanyaan sederhana yang coba kamu ketahui jawabannya dapat menjadi ide awal sebuah tesis yang nantinya terus dikembangkan," ujar Casey di hadapan para peserta International Education Week 2011 yang digelar di kantor Aminef, Jakarta, Jumat (18/11/2011).

2. Brainstorming

Tuangkan semua pikiran dalam bentuk brainstorming. Melalui teknik ini, satu pikiran pokok akan mampu memunculkan pikiran-pikiran lain yang mendukung.

3. Berpikir layaknya kamu adalah seorang profesor
Saat memutuskan ide dan tema karya tulis tersebut, pastikan kamu benar-benar menguasai topik tersebut. Gunakan teori-teori yang diberikan oleh dosen selama perkuliahan atau buku rujukan.

"Gunakan semua istilah tentang kajian tersebut dan pastikan kamu mengerti artinya," katanya menjelaskan.

4. Perencanaan
Fokus untuk menyelesaikan karya tulis tersebut sesuai dengan struktur dan tetap memperhatikan batas waktu pengumpulan. "Dari banyak ide yang ada, kamu harus mencari keterkaitan antara berbagai ide tersebut dan tidak menyimpang dari ide inti," tutur Casey.

Penjelasan Casey disambut antusias oleh para peserta yang memenuhi ruangan. Hal ini terlihat dari beragam pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Tidak hanya itu, untuk memperjelas materi tersebut, Casey mencontohkan karya tulisnya mengenai Apa Alasan Mahasiswa Indonesia Kuliah di Amerika.

Sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment

Girls Generation - Korean