Sunday, September 25, 2011

Mari Berkenalan dengan Beasiswa Asing


Biaya pendidikan yang membumbung tinggi membuat beasiswa menjadi incaran banyak orang. Informasi tentang beasiswa pun bisa didapatkan dengan mudah melalui internet.

Biasanya, pemerintah berbagai negara menyelenggarakan program beasiswa secara rutin. Blogger dan mahasiswa S-3 di Universitas Wollongong, Australia, I Made Andi Arsana merangkum berbagai beasiswa reguler dari berbagai negara.

"Beberapa beasiswa yang secara rutin diberikan kepada masyarakat Indonesia adalah AusAID (Australia), STUNED dan NFP (Belanda) Fulbright (Amerika Serikat), Chevening (Inggris), DAAD (Jerman), Mongbukogakusho/Monbusho (Jepang), dan lain-lain," kata Andi dalam blognya, Senin (20/6/2011).

Andi memaparkan, beasiswa AusAID biasanya dibuka hingga September tiap tahun. Jenjang pendidikan yang dibuka adalah S-2 dan S-3, dengan bahasa pengantar Inggris. Informasi lengkap mengenai beasiswa AusAID dapat kamu simak di laman www.adsjakarta.or.id.

Belanda membuka beasiswa Stuned hingga Maret tiap tahunnya. Selain Stuned, beasiswa NFP juga merupakan program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Belanda. Deadline pengiriman aplikasi NFP adalah Mei. Dengan menggunakan bahasa pengantar Inggris, calon mahasiswa bisa memilih berbagai program pascasarjana tingkat master (S-2) di berbagai kampus di Negeri Kincir Angin tersebut. Situs www.nec.or.id menyediakan informasi lengkap mengenai dua beasiswa ini.

Beasiswa DAAD rutin diberikan pemerintah Jerman. Para peminat beasiswa ini harus mengirimkan lamran sebelum Desember untuk memilih program-program studi magister (S-2) dan doktoral (S-3). Informasi lengkap dapat disimak melalui website www.daad.de.

Peminat Jepang sebagai negara tujuan studi dapat mengirimkan aplikasi beasiswa Monbusho sebelum April tiap tahun. Informasi tentang beasiswa ini dapat disimak melalui laman www.dikti.org. Pelamar dapat memilih bidang studi tingkat S-2 dan S-3. Para pelamar haruslah menguasai bahasa Jepang yang akan digunakan sebagai bahasa pengantar.

Tiap tahun, pemerintah Inggris juga membuka beasiswa Chevening. Informasi tentang beasiswa ini bisa dilihat di laman www.chevening.or.id. Tenggat pengiriman aplikasi beasiswa adalah pada Maret, dan hanya dibuka untuk program magister (S-2).

Selain beasiswa-beasiswa di atas, pemerintah negara-negara lainnya juga menyediakan berbagai beasiswa bagi para pelajar internasional. Kecanggihan teknologi internet pun akan memudahkanmu mendapatkan berbagai informasi beasiswa yang kamu butuhkan.

Selamat berburu beasiswa!

Sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment

Girls Generation - Korean