Sunday, July 24, 2011

Melirik Singapura, Mencari Impian Studi

Sebagai tetangga dekat, Singapura juga kerap dilirik pelajar Indonesia yang ingin menimba ilmu lanjutan di pendidikan tinggi. Apa dan bagaimana informasi studi di Negeri Kepala Singa ini?


Universitas Negeri.
Hingga kini, Singapura mempunyai dua universitas negeri, yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) serta sebuah universitas bersubsidi, yaitu Singapore Management University (SMU).


Universitas asing
James Cook University dan Curtin University dari Australia, University of Nevada-Las Vegas dan Chicago University dari AS adalah empat perguruan tinggi yang bisa dijadikan contoh.


Politeknik
Politeknik merupakan institusi milik pemerintah, yang menyelenggarakan program-program diploma untuk berbagai bidang studi dengan lama studi dua sampai tiga tahun. Ada lima politeknik yang perlu diketahui, yaitu Singapore Polytechnic; Nanyang Polytechnic; Temasek Polytechnic; Republic Polytechnic; Ngee Ann Polytechnic.


Institute of Technical Education (ITE)
ITE disediakan bagi para siswa yang tidak berminat masuk universitas karena merasa kurang mampu secara akademis, atau lebih berminat dengan pendidikan vokasi dan teknik.


Private Education Organization (PEO)
PEO juga merupakan lembaga pendidikan swasta yang menyelenggarakan program-program Certificate dan Diploma untuk bidang bisnis, teknologi informasi dan hospitality management, serta beberapa bidang studi praktis lainnya. Lembaga-lembaga ini juga menyelenggarakan program gelar, berafiliasi dengan sejumlah universitas dari luar Singapura, seperti dari Inggris, Australia, atau Amerika Serikat.


Biaya per tahun (dalam dollar Singapura)
- Government School: 1.500 - 5.000
- International School: 15.000 - 20.000
- Tempat tinggal, makan: 10.000 - 18.000
- Uang Saku: 3.500 - 5.000
- Buku: 500 - 1.000
- Politeknik: 2.500 per tahun
- Program diploma/college swasta: 7.000 - 10.000 per tahun.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment

Girls Generation - Korean