Monday, October 17, 2011

Merencanakan Studi ke Amerika Serikat

Aspek paling penting bagi para pelajar di luar negeri adalah pembiayaan. Meski kamu mendapatkan beasiswa penuh, bukan berarti kamu tidak perlu merencanakan keuangan untuk studi.

Situs Education USA, melansir beberapa hal yang bisa kamu simak dalam merencanakan keuangan jika kamu ingin berkuliah di Amerika Serikat (AS).

Perencanaan
Buat rencana keuangan pada saat yang sama ketika kamu mulai memilih kampus yang akan kamu masuki. Waktu yang paling tepat adalah minimal dua belas bulan sebelum kamu ingin berkuliah di suatu negara.  

Riset
Biaya pendidikan bervariasi untuk tiap kampus. Kampus swasta biasanya menerapkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan kampus negeri. Lakukanlah riset mendalam tentang biaya pendidikan di tiap kampus yang ingin kamu masuki.

Biaya tidak berbanding lurus dengan kualitas
Mahalnya biaya pendidikan di suatu perguruan tinggi, tidak serta merta mengindikasikan bagusnya kualitas kampus tersebut.

Biaya hidup
Selain biaya pendidikan, biaya hidup juga bervariasi, tergantung dari daerah yang kamu diami dan gaya hidupmu.

Beasiswa kampus
Pada umumnya kampus berharap kamu dan keluargamu dapat membiayai pendidikanmu secara penuh, namun banyak juga kampus yang menyediakan bantuan keuangan bagi para mahasiswanya.

Bantuan keuangan ini dapat berupa beasiswa, dana penelitian, program bekerja sambil kuliah, dan pinjaman. Meski begitu, beasiswa penuh dan bantuan keuangan ini sangat jarang, kamu perlu rajin mencari informasi tentang hal tersebut.

Kerja sambil kuliah
Kesempatan bekerja di AS terbatas dan tidak bisa dijadikan sebagai sumber pendanaan utama pendidikanmu. 

Beasiswa olahraga
Berbagai kampus di AS menyediakan berbagai beasiswa bagi atlet berprestasi.

Sumber : http://kampus.okezone.com/

No comments:

Post a Comment

Girls Generation - Korean